ISMAFARSI

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

PERTANYAAN-PERTANYAAN UMUM

Frequently Asked Questions

Sebelum mengontak bidang yang kamu inginkan, alangkah baiknya untuk membaca FAQ terlebih dahulu agar komunikasi berlangsung efisien

FAQ BADAN PENGAWAS & SEKRETARIS JENDERAL

Badan Pengawas

Badan pengawas adalah suatu badan legislatif dalam trias politika yang dimana tercantum dalam konstitusi IKATAN SENAT MAHASISWA FARMASI SELURUH INDONESIA, Badan Pengawas terdiri dari 3 (tiga) orang yang berasal dari institusi anggota ISMAFARSI yang ditetapkan di MUNAS ( Musyawarah Nasional) dan 2 (dua) institusi diusahakan harus berdekatan.

Badan Pengawas memiliki 3 fungsi utama dan satu fungsi lainnya yaitu, fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan. Adapun fungsi lainnya menyerap, menghimpun, menampung ,dan menindak lanjuti masukan dari anggota maupun Badan Pengurus Harian.

  1. Calon Badan Pengawas adalah kader-kader lulusan LK3 ISMAFARSI
  2. Calon Badan Pengawas secara aktif telah mengikuti sekurang-
    kurangnya 2 (dua) kali kegiatan event nasional ISMAFARSI
  3. Badan Pengawas tidak berasal dari institusi dimana Sekretaris Jendral
    berasal.
  4. Anggota Badan Pengawas berstatus sebagai mahasiswa Strata 1
    Perguruan Tinggi Farmasi pada saat terpilih dan menjabat.

Karena agar terciptanya penyelenggaraan organisasi khususnya ISMAFARSI secara paripurna, dan terciptanya Check and Balance dalam kekuasaan. Dimana Badan Pengurus Harian dapat diawasi dalam pengawasan Badan Pengawas agar tidak menyalahi tugas dan wewenangnya serta aturan yang berlaku.

Sekretaris Jenderal

Sekretaris Jenderal adalah pimpinan tertinggi di dalam jabatan organisasi ISMAFARSI

Sekretaris Jenderal dipilih di Musyawarah Nasional oleh Ketua Lembaga Eksekutif Mahasiswa anggota ISMAFARSI dan menjalankan amanahnya selama 1 periode yaitu 2 tahun

Sekretariat Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia mengikuti Instansi dimana Sekretaris Jenderal berada / mengambil studi S1 Farmasinya

  • Badan Pengurus Harian berkewajiban menaati dan menjalankan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan GBHO serta Peraturan Organisasi yang lainnya.
  • Badan Pengurus Harian berkewajiban memelihara dan menjaga nama baik organisasi.
  • Badan Pengurus Harian berperan aktif dalam kegiatan organisasi.
  • Badan Pengurus Harian mempunyai otoritas dalam pengelolaan manajemen organisasi.
  • Badan Pengurus Harian dibebaskan dari kontribusi dana kegiatan

FAQ MASING-MASING STAF AHLI

Kesekretariatan

Pengiriman surat atau dokumen yang ditujukan ke ISMAFARSI dapat dikirimkan melalui email secretary@ismafarsi.org, kemudian melakukan konfirmasi ke nomor WhatsApp SA Kesekretariatan +6287728472411 (Ajeng Pristicha Putri)

Alur pembuatan surat dimulai dengan mengubungi SA Kesekretariatan +6287728472411 (Ajeng Pristicha Putri) dan akan diproses H+2 setelah konfirmasi

Keuangan

LEM yang sudah ditetapkan sebagai anggota penuh ISMAFARSI di event Nasional berkewajiban untuk membayar uang pangkal dan uang iuran.

Uang pangkal merupakan dana iuran yang dibayarkan hanya satu kali oleh anggota sewaktu pertama kali mendaftar menjadi anggota ISMAFARSI, melalui dan diperuntukkan bagi anggota lem yang baru tergabung dalam keanggotaan ISMAFARSI sesuai ART Bab II Keanggotaan pasal 4 ” uang pangkal anggota sebesar setengah kali jumlah iuran anggota setahun”.
sedangkan uang iuran merupakan dana iuran wajib bagi setiap anggota yang dibayarkan 3 bulan sekali kepada ISMAFARSI melalui staf ahli keuangan wilayah.

Iuran wilayah adalah iuran yang wajib di bayarkan oleh LEM yang masuk keanggotaan ISMAFARSI dengan nominal pembayaran yang disepakati saat RAKERWIL.
Sedangkan uang iuran Nasional adalah iuran yang wajib di bayarkan oleh LEM yang masuk keanggotaan ISMAFARSI dengan nominal pembayaran yang disepakati saat RAKERNAS

Untuk LEM yang ingin membayar uang iuran maupun uang pangkal langsung menghubungi SA Keuangan wilayah, kemudian SA keuangan wilayah membuat kwitansi untuk LEM yang sudah melakukan pembayaran dan nantinya SA Keuangan wilayah akan menyetorkan iuran Nasional kepada SA keuangan Nasional.

Uang iuran Nasional sebesar 120k/3bulan sekali sedangkan untuk pembayaran iuran pangkal 240ribu untuk satu kali pembayaran diawal setelah LEM ditetapkan sebagai anggota penuh.

Invoice adalah surat tagihan masing-masing lem yang dikirimkan kepada SA keuangan wilayah dan SA Keuangan wilayah menurunkan invoice keuangan kepada masing-masing LEM

Internal

  1. Calon anggota baru berkoordinasi dengan ISMAFARSI wilayah tempat Universitas calon anggota baru bernaung untuk kemudian mendapatkan informasi terkait alur pendaftaran dan pemberkasan.
  2. Calon anggota menyiapkan berkas sesuai ketentuan
  3. Berkas di acc oleh wilayah
  4. ISMAFARSI wilayah memberikan rekomendasi dan menyerahkan berkas-berkas calon anggota kepada ISMAFARSI nasional.
  5. Ismafarsi nasional mengesahkan calon anggota menjadi anggota peninjau
  6. Anggota peninjau mengikuti alur
  7. Anggota peninjau disahkan menjadi anggota tetap
  • Universitas/institusi tempat calon anggota bernaung memiliki program sudi S1 farmasi
  • Calon anggota telah mengikuti minimal dua kali event nasional ISMAFARSI dalam satu periode kepengurusan.
  • Membayar iuran
  • Mendapat rekomendasi dari ISMFARSI wilayah tempat universitas/institusi tempat calon anggota bernaung.
  • Portofolio lembaga eksekutif mahasiswa calon anggota
  • Struktur organisasi lembaga eksekutif mahasiswa calon anggota
  • Program kerja lembaga eksekutif mahasiswa calon anggota
  • Surat Keputusan kepengurusan lembaga eksekutif mahasiswa calon anggota
  • Surat rekomendasi atau surat persetujuan dari kajur/dekan/kaprodi
  • Surat rekomendasi dari ISMAFARSI wilayah tempat lem/universitas calon anggota bernaung
  • Surat permohonan calon anggota kepada Sekretaris Jenderal

WhatsApp : Sely Geliana Bila (087796233668)

Email : internal@ismafarsi.org      Selygeliana017@gmail.com

Line : bilagelianasely17

Korwil masing-masing

Eksternal

Contact Person Confirmation Letter (CPCL) adalah surat keterangan yang menyatakan bahwa seseorang adalah anggota ISMAFARSI. Surat ini dikeluarkan oleh Contact Person ISMAFARSI untuk IPSF, yaitu SA Eksternal Nasional, pada periode yang sedang berjalan. Surat ini biasanya dibutuhkan sebagai persyaratan untuk mendaftar ke berbagai kegiatan yang diadakan oleh IPSF dan IPSF APRO.

CPCL dapat diperoleh dengan menghubungi SA Eksternal Nasional yang sedang menjabat. Data yang akan diperlukan untuk pembuatan CPCL antara lain, nama lengkap, asal universitas, Angkatan mahasiswa, serta alasan permintaan CPCL. Dalam keadaan di mana permintaan CPCL dilakukan untuk tim, maka cukup seorang perwakilan dari tim tersebut yang menghubungi SA Eksternal dan menyertakan data setiap anggota tim.

APPS merupakan singkatan dari Asia-Pacific Pharmaceutical Symposium. APPS adalah acara tahunan terbesar di bawah IPSF APRO di tingkat regional. Setiap tahun, APPS diadakan di negara Asia-Pasifik yang berbeda dan biasanya dilakukan di sekitar bulan Juni-Juli. Kegiatan-kegiatan yang biasanya terdapat dalam APPS antara lain, workshop, symposium edukasi dan ilmiah, kampanye kesehatan masyarakat, berbagai perlombaan, kegiatan sosial, dan Regional Assembly.

APPS juga memiliki beberapa kegiatan pra-APPS dan pasca-APPS. Kegiatan pra-APPS biasanya adalah Leaders in Training (LiT), yaitu kegiatan pelatihan kepemimpinan di mana peserta dapat mempelajari berbagai soft skill serta membangun relasi dengan mahasiswa farmasi internasional. Peserta juga dapat merasakan pengalaman bersimulasi menjadi pengurus dari IPSF APRO ketika LiT. Di sisi lain, kegiatan pasca-APPS umumnya adalah Post Symposium Tour (PST), yaitu kegiatan santai setelah acara utama APPS di mana peserta dapat mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada di negara tuan rumah.

WC merupakan singkatan dari World Congress, yaitu acara tahunan terbesar yang diadakan oleh IPSF di tingkat global. Setiap tahunnya, WC diadakan di negara yang berbeda dan umumnya diadakan pada sekitar bulan Juli-Agustus. Rangkaian kegiatan yang ada dalam WC antara lain, workshop, symposium edukasi dan ilmiah, kampanye kesehatan masyarakat, berbagai perlombaan, kegiatan sosial, dan General Assembly.

WC juga memiliki beberapa kegiatan pra-WC dan pasca-WC. Kegiatan pra-WC biasanya adalah Leaders in Training (LiT), yaitu kegiatan pelatihan kepemimpinan di mana peserta dapat mempelajari berbagai soft skill serta membangun relasi dengan mahasiswa farmasi internasional. Peserta juga dapat merasakan pengalaman bersimulasi menjadi pengurus dari IPSF ketika mengikuti LiT. Di sisi lain, kegiatan pasca-WC umumnya adalah Post Congress Tour (PCT), yaitu kegiatan santai setelah acara utama APPS di mana peserta dapat mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada di negara tuan rumah

Untuk mengetahui perbedaan mendetail, silakan hubungi CP Eksternal

Untuk menjadi delegasi ISMAFARSI dalam APPS dan WC, Anda harus mengikuti alur seleksi pendelegasian yang akan dilaksanakan sekitar awal tahun. Proses pendelegasian ini meliputi tahap seleksi berkas, wawancara, dan pengumuman delegasi terpilih. Seluruh informasi terkait rangkaian pendelegasian APPS dan WC akan dipublikasikan di laman media sosial ISMAFARSI.

Setelah adanya pengumuman delegasi terpilih, para delegasi dapat melengkapi proses registrasi dan pembayaran kepada pihak panitia pelaksana APPS dan/atau WC. SA Eksternal akan terus membantu dan berkoordinasi dengan para delegasi selama proses registrasi hingga pasca acara

Riset & Pengembangan

Terkait dengan arahan dari SA RnD terhadap SA PSE wilayah tentunya akan berkoordinasi dengan SA Potensial Management, karena yg kita tau beberapa program kerja di wilayah terbagi antara bidang akademik dan bidang penegmbangan bakat mahasiswa. Untuk program kerja yg lebih kearah pengembangan potensi minat dan bakat maka akan berhubugan dengan SA Potensial Management sedangkan untuk bidang penegmbangan ilmu kefarmasian akan berhubugan dengan SA RnD.

Kurikulum PCC merupakan rekomendasi materi dari nasional untuk setiap LEM (Lembaga Eksekutif Mahasiswa) Farmasi dalam menjalankan Komunitas Klub Konseling. Selanjutnya modifikasi kurikulum diserahkan kepada LEM sesuai dengan kebutuhan dan kondisi LEM masing-masing.

Setiap peserta akan mengucapkan deklarasi secara bersamaan setelah seminar dan simulasi selesai. Deklarasi dapat dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan LEM/Wilayah – akan tetapi (i) representatif BPH wilayah atau nasional, dan (ii) dokumentasi lengkap berupa foto atau video pelaksanaan deklarasi diperlukan untuk keberjalanan kegiatan ini. Representatif BPH tersebut disarankan sebagai SA PSE Nasional/Wilayah yang bersangkutan, tetapi dapat diwakili oleh Sekretaris Jenderal/Koordinator Wilayah juga.

Manajemen Potensial

Potensial management merupakan staf ahli yang bergerak dalam melakukan eksplorasi bakat minat yang di miliki oleh mahasiswa farmasi secara general kemudian di kembangkan menjadi potensi yang akan membuat wadah dan memfasilitasi melalui kegiatan pelatihan-pelatian agar dapat menigkatkan kekayaaan potensial ISMAFARSI demi terwujudnya kader yang kompeten dalam membawa kemajuan profesi.

Zaman yang serba maju sekarang bukan hanya yang mempunyai tingkat pendidikan tinggi yang dibutuhkan, tetapi seseorang yang mempunyai skill, apalagi kita sudah memasuki era industri 4.0 yang mana membuat kita harus mempunyai persiapan untuk menghadapi hal tersebut baik mempersiapkan soft skill maupun hard skill. dengan semua hal yang akan kita hadapi nanti, perlu ada yang namanya suatu platform pelatihan untuk mahasiswa farmasi di Indonesia dalam menambah wawasan dan mempersiapkan bekal untuk menghadapi dunia kerja

  1. Mahasiswa farmasi dapat mempunyai gambaran tentang potensi disinya masing-masing
  2. Mempunyai rancangan tentang target kedepannya baik jangka panjang maupun pendek
  3. Mempunyai gambaran tentang peran dari seoarang farmasi agar dapat mempersiapkan diri menghadapai tantangan di era industri 4.0

Professional Development

IPLF atau yang lebih kenal dengan LK3 merupakan jenjang pengkaderan tertinggi di ISMAFARSI, merupakan salah satu kegiatan bergengsi di ISMAFARSI yang dilakukan di tahap nasional. mau tau lebih lanjut silahkan baca deskripsi program kerja ProfDev

Dilakukan pada tahun 2022 bulan Januari-Februari

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua minim veniam.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua minim veniam.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua minim veniam.

Pengabdian Masyarakat

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua minim veniam.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua minim veniam.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua minim veniam.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua minim veniam.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua minim veniam.

Kajian Strategis

Secara garis besar sektor ini akan melakukan pengobservasian, penganalisisan, penentuan sikap dan perancangan riset akademik suatu isu yang digunakan sebagai amunisi advokasi di kemudian hari untuk upaya konstruktif dalam membangun negeri. SA Kastrat juga berfokus dalam pengembangan dan optimalisasi pengembangan nilai diri dari sektor kajian strategis mahasiswa farmasi yang tervisualisasikan melalui program kerjanya

Sampai sekarang ISMAFARSI masih menetapkan bahwa terdapat satu isu jangka panjang yang masih diperjuangkan yaitu RUU Kefarmasian, selain itu juga terdapat isu insidental yang juga akan difokuskan apabila selama berlangsungnya jabatan SA Kajian Strategis terdapat isu-isu yang secara mendadak dalam penyelesaiannya harus melakukan penentuan sikap dalam waktu cepat dan interval momentum penyelesaian yang dimiliki terhadap isu tersebut sangat pendek

Sejauh ini panduan tersebut masih on-progress dalam pembuatannya, harapannya dari buku ini dapat memberikan gambaran besar bagaimana langkah taktis, sistematis, dan terstruktur yang diperlukan oleh insan-insan mahasiswa farmasi seluruh Indonesia dalam penyelesaian suatu masalah

Advokasi

Advokasi adalah lembaga yang bekerja dengan berkolaborasi aktif dengan KASTRAT dalam menyikapi dan penyampaian isu politik dan non politik kepada stakeholder

diharapkan dengan dipisahnya kedua bidang ini dapat mendorong lebih baik lagi dari segi kajian dan advokasi dapat terus membangun dan terfokus dari segi pergerakan

Bersama dengan kastrat membawa dan mematangkan sebuah isu dan advokasi berperan aktif dari segi pergerakan kepada stakeholder serta edukasi

Pertukaran Pelajar (SEO)

Banyak banget ! Salah satunya adalah kamu bisa memiliki pengalaman magang/ kerja di bidang kefarmasian yang kamu sukai, memiliki relasi lebih luas dengan negara lain, dan pengalaman yang hanya bisa didapatkan selama kamu jadi mahasiswa aja loh ! Kamu akan menjadi delegasi dari kampus dan ISMAFARSI. Ikut SEP pasti akan mendapatkan benefit yang lebih tanpa kamu sadari dimasa yang akan datang

Bidang SEP ada 4, yaitu Hospital, Research, Industry, Pharmacy Community. Untuk berapa lama tergantung negara yang dipilih dengan minimal 40 jam kerja selama 2 minggu – 1 bulan.

Untuk pelaksanaan dibagi menjadi 2 musim. Summer dan Winter. Untuk Summer biasanya dari January-Juni. Untuk Wintter biasanya Juli- Agustus. Namun, hal ini tentative sesuai keadaan. Terus update di social media kami IG: @sepismafarsi ya !

Biaya SEP utama ada 3 yaitu, biaya administrasi (42€), biaya official merchandise (RP.350.000) , dan biaya deposit (akan dikembalikan jika sudah pulang Rp. 400.000) . Diluar ini tergantung dari negara yang dituju apakah ada biaya tambahan yang diperlukan atau tidak.

Syarat nya adalah Lulus LK 1, Minimal sedang menjalani perkuliahan di semester 5, Dapat berbahasa inggris secara aktif (atau beberapa bahasa nasional yang dibutuhkan di negara tujuan), Melengkapi semua berkas yang telah ditentukan, Memiliki kualifikasi dan keterampilan pada bidang yang dipilih, Memiliki Paspor aktif hingga tanggal kepulangan SEP, Menyanggupi untuk berkontribusi dalam SEP Story Competition dan SEP Alumni Project

Pemberkasan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama : CV, Motivation Letter, Surat rekomendasi LEM, dan Scan Passport, Sertifikat LK1. Tahap kedua (semua terlampir) : Surat Izin Orang tua, Surat Pernyataan, dan Waiver Of Liability

Untuk kriteria penilaian pemberkasan dilihat dari CV dan Motivation letter. Jika kamu pengurus dan aktif berorganisasi, memiliki pengalaman dengan bidang yang dituju, alasan dan motivasi yang rinci, memiliki kemampuan berbahasa inggris dan bahasa negara yang dituju, dan memiliki kontribusi kepada ISMAFARSI  maka akan mendapatkan nilai lebih. Untuk kriteria wawancara dilihat dari cara menjawab pertanyaan dengan bahasa inggris.

Tidak apa-apa, passport dapat dibuat setelah pengumuman lolos di tahap 2 wawancara.

Untuk jumlah negara ada 3 dan untuk filed ada 2

Bisnis & Usaha

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua minim veniam.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua minim veniam.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua minim veniam.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua minim veniam.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua minim veniam.

Informasi & Teknologi

Isi identitas diri dan acara di Form yang bisa diakses di ismafarsi.org/partnership/ , lalu mengetuk tombol “Kerja Sama Publikasi”

TIDAK. Publikasi di ISMAFARSI gratis, tetapi dengan syarat yang sudah tertera di SOP Publikasi. Syaratnya cukup mudah kok 🙂

Fungsi staf ahli IT adalah sama seperti fungsi media dan publikasi di periode sebelumnya. Namun, sekarang ditambah dengan kerja sama digital dan pengelolaan teknologi demi kemajuan ISMAFARSI

Seluruh atribut digital ISMAFARSI seperti lambang, typeface, palet warna, powertpoint, dll dapat diakses di ismafarsi.org/downloads