ISMAFARSI

PROJECTS

PROGRAM KERJA BPH

ROADMAP

Grand Design dan Rancangan Kerja ISMAFARSI Berjaya dapat diunduh di sini

FOKUS KERJA ISMAFARSI BERJAYA

HIDUP

Memaksimalkan kaderisasi ISMAFARSI agar organisasi tetap hidup dengan dipimpin oleh generasi muda ISMAFARSI yang berkompeten dan militan

BERGERAK

Berfokus kepada Student Movement, dengan membuat seluruh program kerja berjalan efektif, efisien, dan kolaboratif. Melakukan pengawalan isu dan kebijakan pemerintah, meningkatkan keaktifan di akademik & sosial, dan berpartisipasi di kancah Internasional

MANDIRI

Demi organisasi yang tetap berputar, kebutuhan finansial disikapi dengan mandiri dan kreatif dengan meningkatkan inovasi dan kemampuan wirausaha di tengah pandemi

PROGRAM KERJA TIAP STAF AHLI

Ketercapaian Satu Periode
November 20 - Januari 21 0%

KESEKRETARIATAN

Total program kerja Staf Ahli Kesekretariatan: 7 Program Kerja

01. Pengarsipan Berkas Kepengurusan

Tempat penyimpanan berkas dokumen selama kepengurusan, baik dokumen terkait SA tertentu maupun berkas ISMAFARSI secara umum. Pengisian gform untuk berkas yang masuk ke ISMAFARSI

02. SOP Kesekretariatan

Acuan untuk menyeragamkan format dokumen serta petunjuk pembuatan dokumen.

03. Management of ISMAFARSI's Activities

Informasi terkait waktu pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh ISMAFARSI baik di Nasional maupun di wilayah yang dipublikasikan setiap bulan.

04. Database Event Nasional ISMAFARSI

Pengumpulan dokumen dan berkas terkait event nasional sebagai bukti bahwa event ISMAFARSI telah dilaksanakan agar anggota ISMAFARSI dapat mengetahui jalannya kegiatan tersebut

05. LPJ Event dan LPJ Kepengurusan

Laporan pertanggungjawaban (LPJ) tiap event dan program kerja dari tiap BPH merupakan bukti bahwa program kerja yang telah disusun telah dilaksanakan, serta dapat digunakan untuk referensi kegiatan selanjutnya.

06. Pembuatan dan Penyimpanan Inventaris Atribut ISMAFARSI

Membuat dan merawat atribut ISMAFARSI yang sesuai AD/ART serta menyimpan atribut ISMAFARSI agar memudahkan penggunaannya.

07. Database Kepengurusan

Database yang memuat informasi dan kontak seluruh pengurus ISMAFARSI 2020 – 2022 yaitu BP, BPH dan tim staf ahli.

Ketercapaian Satu Periode
November 20 - Maret 21 55%

Keuangan

Total program kerja Staf Ahli Keuangan: 3 Program Kerja

01. Pembuatan SOP Keuangan

Meningkatkan kepatuhan pengeluaran kas ISMAFARSI agar administrasi keuangan dapat berjalan secara rapi dan terperinci.

02. Pengelolaan penarikan iuran anggota ISMAFARSI

Iuran anggota ISMAFARSI merupakan sumber pemasukan dalam menjalankan suatu program kerja dalam satu periode kepengurusan, sehingga diperlukan komunikasi dan koordinasi untuk mengoptimalkan pemasukan kas ISMAFARSI.

03. Bank Data Keuangan ISMAFARSI

Mewujudkan, menyimpan, mendokumentasikan serta melaporkan keuangan ISMAFARSI agar sistem administrasi keuangan dapat tersusun secara rapi dan transparan.

Ketercapaian Satu Periode
November 20 - Januari 21 0%

internal

Total program kerja Staf Ahli Internal: 3 Program Kerja

01. DIES Natalis ISMAFARSI

Memperingati hari kelahiran atau berdirinya ISMAFARSI dengan agenda   yang   bermanfaat   agar   keterjangkauan Mahasiswa Farmasi dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat.

02. Upgrading SOP Internal

Mensinergiskan arah gerak ISMAFARSI serta menerapkan budaya taat aturan di ISMAFARSI.

03. Pharma Share

Memberi wadah bagi setiap ketua lembaga eksekutif mahasiswa untuk mengembangkan pemahamannya terhadap ISMAFARSI serta tugas dan kewajibannya sebagai penanggung jawab ISMAFARSI ditingkat lembaga eksekutif mahasiswa.

Ketercapaian Satu Periode
November 20 - Januari 21 0%

EKSTERNAL

Total program kerja Staf Ahli Internal: 6 Program Kerja

01. Eksternal Database

ISMAFARSI sebagai organisasi di tingkat nasional memiliki relasi dan hubungan dengan berbagai pihak, baik dengan para stakeholder maupun dengan organisasi mahasiswa Kesehatan lainnya. Informasi terkait kontak-kontak ini masih sebagian besar dipegang oleh beberapa individu saja, sehingga membutuhkan proses yang lebih panjang bagi pihak lain yang membutuhkan kontak-kontak ini.

02. International News

Setiap harinya, IPSF selalu memberikan berbagai macam informasi melalui SA Eksternal. Informasi ini mencakup berbagai macam hal antara lain, webinar, konferensi, perlombaan, program kerja IPSF, dan sebagainya. Untuk memfasilitasi penyampaian informasi dalam jumlah banyak ini, diperlukan suatu wadah di mana anggota ISMAFARSI dapat dengan mudah mengakses setiap informasi yang sudah dikumpulkan oleh SA Eksternal.

03. Campaign Hari Kesehatan Dunia

Salah satu tujuan ISMAFARSI dan juga anggotanya sebagai mahasiswa di bidang Kesehatan adalah untuk meningkatkan Kesehatan masyarakat Indonesia dan dunia. Salah satu cara yang paling mudah dilakukan semua pihak adalah dengan melakukan edukasi kepada public mengenai isu-isu Kesehatan yang ada di dunia. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan campaign dalam rangka memperingati hari-hari besar Kesehatan dunia (contoh hari tanpa tembakau sedunia). Selain itu, di era yang sudah sangat modern dengan berbagai platform media social, edukasi melalui campaign dapat dilakukan dengan berbagai cara baru yang lebih menarik bagi publik.

04. Podcast: Beyond ISMAFARSI

Salah satu masalah yang ada di ISMAFARSI saat ini adalah kurang meratanya pengetahuan serta informasi terkait IPSF pada anggota ISMAFARSI. Meskipun sudah ada pengenalan IPSF yang diwajibkan pada LK 1, perlu adannya upaya pengenalan lain mengenai IPSF yang lebih mendalam. Dengan adanya hal tersebut, partisipasi anggota ISMAFARSI dalam kegiatan-kegiatan atau kepengurusan IPSF dapat meningkat dan para anggota dapat merasakan manfaatnya. Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan membuat podcast dan mengunggahnya ke media social ISMAFARSI sehingga informasi tersebut dapat terus diakses hingga kapan saja dan di mana saja.

05. Pendelegasian APPS

Acara ini merupakan ajang yang tepat untuk menjaga eksistensi ISMAFARSI di tingkat internasional karena acara ini akan dihadiri oleh puluhan hingga ratusan mahasiswa farmasi seluruh asia-pasifik dan bahkan beberapa pengurus IPSF global. Selain itu, dalam kegiatan APPS juga dilaksanakan berbagai perlombaan dan seminar serta workshop. Kegiatan-kegiatan ini dapat menjadi kesempatan berharga untuk seluruh anggota ISMAFARSI dalam meningkatkan prestasinya dan pengetahuannya. Karena adanya kuota terbatas untuk jumlah delegasi dari ISMAFARSI serta proses yang cukup panjang untuk menghadiri APPS, perlu diadakannya suatu proses pendelegasian.

06. Pendelegasian World Congress

WC adalah acara tahunan terbesar sedunia di bawah naungan IPSF Global. Acara ini merupakan ajang yang tepat untuk menjaga eksistensi ISMAFARSI di tingkat internasional karena acara ini akan dihadiri oleh puluhan hingga ratusan mahasiswa farmasi seluruh dunia. Selain itu, dalam kegiatan WC juga dilaksanakan berbagai perlombaan dan seminar serta workshop. Kegiatan-kegiatan ini dapat menjadi kesempatan berharga untuk seluruh anggota ISMAFARSI dalam meningkatkan prestasinya dan pengetahuannya. Karena adanya kuota terbatas untuk jumlah delegasi dari ISMAFARSI serta proses yang cukup panjang untuk menghadiri WC, perlu diadakannya suatu proses pendelegasian.

Ketercapaian Satu Periode
November 20 - Januari 21 0%

Riset & Pengembangan

Total program kerja Staf Ahli RnD: 4 Program Kerja

01. Berkala Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia (BIMFI)

Memberikan fasilitas publikasi bagi para mahasiswa kesehatan terutama mahasiswa farmasi untuk menyalurkan karya tulis atau artikelnya yang merupakan salah satu syarat kelulusan berdasarkan Surat Keterangan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 152/E/T/2012 : Wajib Publikasi Ilmiah Bagi S1/S2/S3.

02. PharmC

Sebagai wadah diskusi akademik antar mahasiswa agar bisa menunjang peran aktif sebagai mahasiswa farmasi dan untuk mengembangkan kemampuan berpikir secara kritis melalui Forum Group Discussion mengenai suatu topik kefarmasian yang tentunya didampingi oleh seseorang yang menguasai dibidangnya (berfokus ke pergerakan ilmiah).

03. Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia (PIMFI)

Ajang kompetisi di bidang Farmasi yang diikuti oleh seluruh perwakilan mahasiswa Farmasi (S1) di Indonesia. Kompetisi ini terdiri dari beberapa cabang lomba yg bertujuan meningkatan kapasitas mahasiswa farmasi untuk menghadapi dunia kerja dan menyelesaikan masalah kesehatan, khususnya kefarmasian di Indonesia secara menyeluruh. Penyelenggaraan PIMFI memiliki prinsip Pharmaceutical Care sebagai penerapan prinsip tersebut dalam menjalankan tugasnya nanti sebagai apoteker, profesi yang menyandang Ten Star of Pharmacist.

04. Student Prescription

Media publikasi untuk follow-up kegiatan RnD yang lebih intens ketika diperlukan, di mana penggunaan media sosial ISMAFARSI bertujuan untuk publikasi besar – sebagai contoh, di mana babak kedua sebuah lomba atau follow-up webinar dilakukan maka posting akan dilakukan di media sosial Student Prescription, sementara promosi pengadaan lomba atau webinar itu sendiri dilakukan di media sosial utama ISMAFARSI. Pada keberjalanannya, ditambahkan juga konsep RnD Update sebagai sajian refreshing akan pengetahuan farmasi setiap minggunya yg dikemas dalam bentuk artikel dan video edukasi melalui Instagram @student_prescription, Line @257xsfau dan Medium bit.ly/Student_Prescription

Ketercapaian Satu Periode
November 20 - Januari 21 0%

Manajemen potensi

Total program kerja Staf Ahli Manajemen Potensial: 3 Program Kerja

01. SCI (Smart Class ISMAFARSI)

Sebagai ajang dari mahasiswa farmasi di seluruh indonesia untuk menambah pengetahuan tambahan yang bergua untuk mengembangkan diri adalam hal softskill dan hardskill dan memberi bekal ke pada mahasiswa farmasi dalam menghadapi dunia kerja yang di tuangkan dalam bentuk pelatihan yang terbagi atas beberapa kali pertemuan

02. I-Talk (ISMAFARSI Talk)

Memberikan wadah pencerdasan yang akan menambah wawasan serta referensi dari mahasiswa farmasi dalam mempersiapkan kemajuan profesi pada era industri manufaktur 4.0 dan juga sebagai wadah bagi mahasiwa farmasi yang mempunyai prestasi untuk menjadi pembicara agar dapat memperluas kebermanfaatan dari apa yang sudah ia dapat

03. ISMAFARSI Award

Ajang penghargaan kepada LEM dan anggota LEM agar kelak dapat membeikan motivasi kepada mahasiswa farmasi seluruh indonesia untuk unggul dan berprestasi tidak hanya di akademik tapi di nonakademik baik di sekalah nasional maupun internasional

Ketercapaian Satu Periode
November 20 - Februari 21 0%

PROFESSIONAL DEVELOPMENT

Total program kerja Staf Ahli Professional Development: 5 Program Kerja

01. PharmaMoInTips

Memberikan pengetahuan tentang ISMAFARSI dan keprofesian, menciptakan kader-kader yang mengenal ISMAFARSI sedini mungkin melalui cara yang praktis dan menarik dengan Kegiatan akan dilaksanakan menjadi dua metode yaitu instagram dan vidio conference, pada instagram akan diberakan info grafis mengenai ISMAFARSI dan profesi sedangkan vidio conference akan mengundang pemateri pemateri yang dapat memberikan motivasi, ilmu terkait ISMAFARSI dan profesi.

02. Indonesia Pharmaceutical Leadership Forum (IPLF)

Latihan kepemimpinan yang menjadi salah satu sarana meningkatkan soft skill maupun hardskill pada kader kader ISMAFARSI terbaik dari seluruh wilayah di ISMAFARSI, dengan kegiatan mulai dari materi hingga langsung melakukan simulasi.

03. Follow Up IPLF

Melakukan tugas lapangan dengan mengimplementasikan materi yang telah didapatkan selama IPLF, dengan meningkatkan kemampuan kader-kader IPLF dalam mengeksekusi suatu konsep. Sarana evaluasi dari event IPLF yang bertujuan untuk menilai peserta dalam menyerap dan mengimplementasikan hal-hal yang didapatkan pada kegiatan IPLF sekaligus salah satu sarana penilaian oleh pengurus ISMAFARSI melihat kemampuan dan kualitas kader-kader ISMAFARSI.

04. Follow Up IPLF

Sarana coaching BPH, Sekjend, korwil, maupun BP, selama kegiatan kader kader ISMAFARSI akan mendapatkan pengetahuan mengenai tugas dan fungsi daru BP-BPH ISMAFARSI

05. Bedah Buku Putih & SOP pengkaderan

Menghasilkan sistem pengkaderan yang memiliki sistem minimal yang sama pada setiap lem maupun wilayah. Menyelaraskan akan pemahaman buku putih dan SOP pengkaderan demi keberlangsungan sistem pengkaderan yang efektif dan efisien.

Ketercapaian Satu Periode
November 20 - Januari 21 0%

PENGABDIAN MASYARAKAT

Total program kerja Staf Ahli Pengabdian Masyarakat: 5 Program Kerja

01. Sekolah Tanggap Bencana (STB)

Dalam momentum pengabdian kepada masyarakat salah satunya adalah ketika terdapat suatu bencana alam/buatan di suatu daerah, diharapkan mahasiswa farmasi bisa memberikan bantuan secara tenaga maupun materi, sehingga dapat meningkatkan dan memperkenalkan juga profesi apoteker kepada masyarakat serta memberikan pengalaman kepada mahasiswa. Kegiatan STB berdasarkan kurikulum dan acuan yang jelas dari Pengurus Nasional yang akan diturunkan kepada semua wilayah di ISMAFARSI. Secara progresif direncanakan terdapat kolaborasi dengan BNPB di tingkat pusat dan BPBD di tingkat daerah, serta organisasi kebencanaan lainya.

02. Health campaign

KIE ditujukan kepada masyarakat dan dilaksanakan secara serentak di berbagai wilayah dengan mengangkat satu tema kesehatan. Melihat banyaknya permasalahan dalam dunia kesehatan yang terjadi dalam masyarakat, ISMAFARSI perlu hadir untuk dapat memberikan solusi, namun memang perlu ada skala prioritas dan analisis SWOT dari berbagai permasalahan kesehatan. Jadi kita bisa pilih suatu tema / masalah yang menjadi prioritas secara nasional, demi Indonesia MAJU dan sehat. Dalam program ini kita juga bisa melakukan kolaborasi dengan beberapa stakeholders. Misal ketika pandemic seperti ini, banyak sekali saran yang mengarah pada vaksin, maka kita pelru memberikan edukasi KIE serentak membahas terkait vaksin. Kegiatan ini dilakukan secara berkala 6 bulan sekali.

03. Apoteker Cilik Indonesia (ACI)

Konsep ACI ISMAFARSI, dimana setiap LEM menyiapkan untuk di delegasikan di tingkat wilayah, kemudian bisa didelegasikan Apoteker ciliknya yang nanti akan bersaing di tingkat Nasional. Disini yang terpenting adalah publikasi dan narasi public yang tepat, sehingga bisa meningkatkan eksistensi ISMAFARSI dan menunjukan jatidiri kefarmasian pada masyarakat secara bertahap. Target dari proker ini akan menyentuh anak kecil, orang tua dan masyarakat, serta lingkungan tenaga pendidik Sekolah Dasar.

04. Gubug Karya Farmasi Indonesia

Memberikan workshop/pelatihan kepada pemuda / masyarakat setempat terkait pengembangn pengobatan sederhana dari bahan alam itu sangat penting dan dapat
menjadi investasi kesehatan di masa datang, karena ketika SDM terlatih ini terus hidup, dia akan selalu memberikan kebermanfaatan. Stakeholder terkait adalah Kementerian Koperasi dan UMKM, BPOM, dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal, dan Transmigrasi.

05. ISMAFARSI Tanggap Bencana

Open donasi secara terpusat di tingkat Nasional, dan membuat klasifikasi bencana yang sedang tejadi di Indonesia. Kemudian membantu setiap bencana yang ada sesuai dengan klasifikasi dan spesifikasi bencana yang telah dibuat. Program ini dibuat agar bantuan terhadap kebencanaan bisa lebih tepat sasaran dan meningkatkan persatuan Nasional.

Ketercapaian Satu Periode
November 20 - Januari 21 0%

KAJIAN STRATEGIS

Total program kerja Staf Ahli Kajian Strategis: 4 Program Kerja

01. Sekolah Kastrad

Sekolah KASTRAD merupakan kegiatan yang dirancang sedemikian rupa menjadi sebuah kelas belajar maupun kelas praktek dalam memahami secara komprehensif dunia pergerakan mahasiswa. Tersistematis dengan sistem yang mengelaborasikan antara realitas dan teori meliputi materi dasar-dasar kajian strategis dan advokasi, metode kepenulisan riset, manajemen aksi, dll. Peserta juga akan mempraktekkan bagaimana simulasi aksi dan segala perancangan strategi yang ada di dalamnya.

02. Pharspeak

Pharspeak merupakan sebuah program kerja yang akan memfasilitasi ruang berkembang kader ISMAFARSI dalam kepenulisan riset, tata administrasi untuk ikut ambil bagian akan dirangkai dalam sebuah persyaratan, kemudian selanjutnya dari internal akan me-review apakah ada tindak plagiarisme atau kecacatan lain yang berpotensi menyebabkan missing link dalam hikayat isu tersebut. Opini yang sudah tersaring akan dipublikasikan pada jejaring sosial ISMAFARSI dan tentunya keabsahannya sudah teruji. Sebagai apresiasi ISMAFARSI atas kontribusi peserta dalam program kerja ini maka akan diberikan reward

03. Rilis Kajian Akademik

Rilis Kajian Akademik merupakan program kerja yang menjadi ruh pergerakan mahasiswa dalam mengambil langkah advokasi di kemudian hari, dalam pembuatan kajian akademik tidak bisa hanya bertumpu kepada satu orang saja, melainkan perlu tim yang solid dan terintegrasi dengan baik di dalamnya, maka dari itu pada periode ini isu utama yang menjadi target penyelesaian program kerja adalah 2 isu kefarmasian (secara vertikal dan horizontal) dan 1 isu kesehatan umum (diutamakan horizontal). Penyelesaian isu utama akan dibagi kepada staf ahli yang menjadi penanggung jawab dan untuk penambahan peran akan dibentuk satuan tugas yang akan membantu dalam perancangan kajian akdemik

04. Issue Infographic Contest (ICON)

ICON adalah program kerja baru yang merupakan transformasi dari program kerja kompetisi sebelumnya, program kerja ini terkonsep menjadi sebuah kompetisi karya infografis bertemakan isu-isu kefarmasian di Indonesia. Dalam hal ini mahasiswa memerlukan kemampuan desain dan telaah isu yang baik agar dapat memberikan karya yang edukatif dan estetik. Penilaian akan dilakukan oleh internal dengan format penilaian sebagaimana mestinya

Ketercapaian Satu Periode
November 2020 - Agustus 2021 65%

ADVOKASI

Total program kerja Staf Ahli Advokasi: 4 Program Kerja

01. Kabar Isu

Sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menyajikan edukasi yang bersifat update per waktu yang ditentukkan baik membahas isu baru ataupun membawa update isu yang sedang dibawa oleh ismafarsi

02. Suara ISMAFARSI

Program kerja yang bertujuan untuk melakukan pencerdasan isu dengan memberikan pandangan pada sebuah isu dari elemen terkait dengan menggunakan platform online seperti Spotify agar memikat minat dari mahasiswa serta memudahkan mahasiswa untuk mengakses dan mendengarkannya kapanpun dan dimanapun

03. Silaturahmi Stakeholder

Sarana penyampaian pandangan pada suatu isu, serta menjalin komunikasi aktif dengan stakeholder terkait mengenai perkembangan suatu isu serta dalam mendapatkan data yang lebih luas dari pihak stakeholder

04. QA QC Output

Sebuah cara Advokasi untuk memastikan dan menilai apakah kajian yang akan dikeluarkan, diadvokasikan atau penyampaian sikap sudah baik, hal ini dilakukan dengan cara berkoordinasi serta berkolaborasi dengan staff ahli kastrat.

Ketercapaian Satu Periode
November 20 - Januari 21 0%

PERTUKARAN PELAJAR (SEO)

Total program kerja Staf Ahli Pertukaran Pelajar (SEO): 7 Program Kerja

01. Promosi aktif SEP (PAS) ISMAFARSI kepada negara/ asosiasi anggota IPSF

Promosi berisi tentang kegiatan SEP di masing – masing host ISMAFARSI, gambaran tentang suasana kota tempat host berada mulai dari destinasi wisata, budaya dll melalui berbagai konten promosi yang menarik dan informatif. Dapat berupa poster, video, dan booklet

02. Promosi Aktif SEP (PAS) ISMAFARSI kepada LEM anggota ISMAFARSI

Promosi kegiatan SEP meliputi deskripsi lengkap dan gambaran mengenai persyaratan dan tata cara pendaftaran, hal – hal yang diperlukan saat mengikuti SEP melalui berbagai konten materi promosi yang menarik dan informatif. Guidebook yang dapat diakses secara online, poster, file presentasi yang disampaikan dalam forum diskusi, testimoni dara para alumni outgoing students

03. Student Exchange Programme ISMAFARSI

Mengelola seluruh kegiatan yang berkaitan dengan SEP seperti, berkomunikasi dengan seo negara lain, membuat guideline, membuat poster segala urusan pengunguman SEP, membuat formulir, menyeleksi pemberkasan, wawancara calon outgoing students dan incoming students, pengumuman calon outgoing students dan incoming students yang lolos, hingga mengurusi peserta outgoing students dan incoming students saat acara SEP berlangsung

04. Perekrutan host baru SEP IPSF – ISMAFARSI

Perekrutan host dilmulai dengan LEM yang mengajukan diri untuk menjadi tempat penyelenggara SEP. Kemudian, perekrutan dilakukan dengan melihat seberapa jauh persiapan calon host ingin menjadi salah satu tempat penyelenggara SEP ISMAFARSI dimulai dari pencarian mitra kerjasama untuk program magang, jumlah SDM tersedia, kondisi universitas yang mendukung, tempat akomodasi calon Incoming Students dan persiapan lainnya.

05. SEP Alumni Project

SEP Alumni Project merupakan bentuk dari tugas para outgoing students dalam bentuk dokumentasi kegiatan selama program pertukaran sehingga dapat dijadikan bahan promosi SEP IPSF kepada anggota ISMAFARSI dan diharapkan dapat meningkatkan antusiasme mahasiswa farmasi lain untuk berpartisipasi dalam SEP

06. SEP Story Competition

Merupakan penyerahan report dalam bentuk tulisan menarik dari pengalaman yang didapatkan selama mengikuti SEP disertai foto kegiatan dengan berbagai ketentuan khusus. Selain itu, masing – masing peserta juga diwajibkan memposting foto beserta caption menarik seputar kegiatan SEP. Dipilih 2 pemenang, yaitu cerita terbaik (dari hasil penilaian report tersebut) dan cerita terfavorit (dari jumlah likes postingan foto)

07. Webinas SEP ISMFARSI

Berupa Webinar mengenai SEP dan turut mengundang SEP Alumni sebagai pemateri. Kegiatan ini berkerja sama dengan seluruh Staff Ahli Eksternal Wilayah ISMAFARSI. Kegiatan ini akan dilaksanakan sebanyak 9x. 1x Nasional dan 8x per Wilayah

Ketercapaian Satu Periode
November 20 - Januari 21 0%

BISNIS & USAHA

Total program kerja Staf Ahli Bisnis & Usaha: 3 Program Kerja

01. ISMAFARSI Productions

ISMAFARSI melakukan produksi-produksi barang dan jasa yang memiliki nilai jual dan akan diperjual belikan secara umum kepada masyarakat luas. Hal ini juga sebagai implementasi kemampuan wirausaha mahasiswa farmasi

02. Pharmastore

Wadah / platform yang mempublikasikan hasil produk dari berbagai elemen mahasiswa / LEM agar lebih mudah dalam melakukan marketing dan promosi

03. BISFARSI (Bisnis ISMAFARSI)

Dalam rangka kerjasama dengan berbagai stakeholder terkait bisnis serta adanya pemenuhan target penjualan maka diperlukan adanya MoU atau kesepakatan yang jelas dan tidak mengikat. Maka dari itu perlunya adanya program ini sebagai landasan kerjasama dan bisnis kepada pihak internal atau eksternal ISMAFARSI

04. SponsorBase

Banyakya stakeholder di bidang kesehatan dan non kesehatan baik di organisasi/instansi pemerintahan atau non pemrintahan, maka perlu pengarsipan dan data spesifik yang jelas dalam setiap profil stakeholder agar lebih mudah dalam melakukan pemetaan kolaboras

Ketercapaian Satu Periode
November 2020 - Agustus 2021 69%

INFORMASI & TEKNOLOGI

Total program kerja Staf Ahli Informasi & Teknologi: 7 program kerja

01. Pembuatan dan Manajemen Website & Email Resmi

Menjadikan website sebagai pusat akses digital kegiatan ISMAFARSI dan email resmi sebagai bukti bahwa ISMAFARSI adalah nyata, profesional, dan bersifat legal

02. Manajemen Seluruh Sosial Media (LIFTY) ISMAFARSI

Eksistensi berupa publikasi acara dan kegiatan-kegiatan ISMAFARSI lainnya bertujuan untuk meningkatkan peran S1 Farmasi sebagai Lembaga yang menjunjung tinggi profesi

03. Phanter (Pharmacy Event Center)

Sebagai wadah untuk informasi  yang berhubungan dengan kefarmasian serta meningkatkan eksistensi ISMAFARSI sebagai pusat informasi bagi mahasiswa farmasi.

04. Dignition (Digital National Scale-Collaboration) dan ISMAFARSI Microblog

Kerja sama dengan media eksternal bertujuan agar menyebarluaskan berita kefarmasian ke masyarakat luas. Selain kerja sama dengan media eksternal, memungkinkan juga kolaborasi konten dengan Staf Ahli lain maupun Staf Ahli Informasi Teknologi sendiri

05. ISMAFARSI Semester Report

Merangkum semua kegiatan selama 6 bulan kepengurusan dan dikemas dalam bentuk majalah yang mudah dibaca oleh sasaran, terutama delegasi yang mengikuti acara nasional

06. ISMAFARSI Rebranding

Meningkatkan profesionalisme ISMAFARSI sebagai organisasi nasional dengan membentuk brand ISMAFARSI dan merevisi brand yang sudah ada. Selain itu pembuatan SOP dan modul dalam bentuk video diperlukan agar edukasi teknologi di ISMAFARSI tidak mubazir dan dapat diserahkan ke periode seterusnya

07. Ngobrol bareng ISMAFARSI

Mengenal lebih dalam seluruh BPH, identitas dan program unggulan salah satu LEM dengan media yang lebih milenial yaitu Podcast. Program kerja ini dibagi menjadi 4 bagian tergantung topiknya