ISMAFARSI

Student Prescription #6: Vaksinasi – Manfaat dan Efek Samping

Gambar Pendukung Artikel SP6

MANFAAT DAN EFEK SAMPING VAKSIN

Vaksinasi merupakan upaya mengenalkan tubuh kita dengan virus atau mikroorganisme yang telah dilemahkan atau mati supaya tubuh dapat membentuk sistem kekebalan terhadap penyakit tersebut. Saat ini, pemerintah Indonesia sedang melakukan vaksinasi COVID-19 sebagai upaya untuk mengedalikan penularan COVID-19 yang masih cukup tinggi di Indonesia. Pemberian vaksin ini tentu saja memiliki banyak manfaat, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Yuk, kenali lebih jauh manfaat vaksinasi COVID-19 supaya kita tidak ragu untuk ikut serta melakukan vaksinasi.

Pertama, vaksin akan menstimulasi dan membentuk kekebalan tubuh. Melalui pemberian vaksin, tubuh kita sudah kenal lebih dulu dengan virus ini sehingga tubuh kita akan lebih siap menghadapi COVID-19 jika kita sampai terpapar. Dengan demikian, vaksin dapat meminimalkan risiko sakit dan mengurangi tingkat keparahan sakit COVID-19 (Kemenkes, 2021).

Kedua, vaksinasi akan mendorong terbentuknya herd immunity. Herd immunity merupakan suatu kondisi dimana kelompok yang rentan dan tidak termasuk dalam sasaran imunisasi ikut terlindungi akibat dampak tidak langsung dari sekelompok masyarakat yang telah terlindungi karena memperoleh vaksin (Kemenkes, 2021). Artinya, ketika sekelompok masyarakat melakukan vaksinasi, kemungkinan untuk menularkan virus corona akan menurun sehingga mereka juga ikut melindungi orang-orang di sekitarnya yang tidak bisa mendapatkan vaksin karena kondisi-kondisi tertentu. Adapun penelitian menyatakan bahwa herd immunity akan tercapai jika setidaknya 70% penduduk di negara tersebut sudah divaksin (Wahhab, 2021).

Ketiga, vaksinasi merupakan upaya penting dalam menghentikan pandemi COVID-19. Ketika vaksinasi dilakukan secara merata dan menyeluruh di Indonesia, akan ada cukup banyak orang yang terbentuk sistem kekebalan tubuhnya. Akibatnya, rantai penularan virus dapat diputus dan pada akhirnya dapat menghentikan pandemi COVID-19 (Kemenkes, 2021).

Keempat, vaksinasi akan menurunkan dampak sosial dan ekonomi. Selain memiliki manfaat besar di bidang kesehatan, vaksinasi juga mempengaruhi bidang sosial dan ekonomi. Vaksinasi akan meningkatkan imunitas masyarakat, kemudian meningkatkan produktivitas masyarakat sehingga dampak sosial dan ekonomi yang selama ini dirasakan dapat ditekan (Kemenkes, 2021).

Di samping itu, vaksinasi juga dapat menimbulkan efek samping yang beragam pada masing-masing orang. Efek samping setelah vaksinasi tidak selalu ada pada semua orang dan bergantung dari kondisi tubuh orang yang divaksin. Umumnya, efek samping yang dirasakan berupa demam dan ruam atau nyeri otot pada area bekas suntikan yang bersifat sementara (Kemenkes, 2021). Salah satu jenis vaksin COVID-19 yang digunakan di Indonesia saat ini adalah Sinovac. Berdasarkan pernyataan kepala BPOM, Penny Lukito, efek samping yang dapat muncul setelah vaksinasi dengan vaksin Sinovac antara lain nyeri lokal, nyeri otot, pembengkakan, dan sakit kepala sebesar 0,1% serta diare sebesar 1-1,5% (Tim CNN Indonesia, 2021).

Namun, kita tidak perlu khawatir terhadap efek samping dari vaksinasi COVID-19, sebab pada proses setelah vaksinasi akan dilakukan monitoring selama 30 menit sebelum peserta vaksinasi meninggalkan tempat vaksinasi. Di samping itu, juga ada catatan barcode per vial pada masing-masing penerima vaksin sehingga dapat dilakukan penelurusan risiko. Adanya efek samping ini tidak perlu dijadikan alasan tidak mau menerima vaksin, sebab manfaat yang didapatkan dari vaksinasi lebih besar dibandingkan risiko keparahan akibat terpapar COVID-19 dalam keadaan belum divaksin (Kemenkes, 2021).

Sudah divaksin bukan berarti tubuh kita menjadi kebal dan yakin 100% tidak akan terpapar COVID-19. Oleh sebab itu, kita tetap harus menjalankan protokol kesehatan dimanapun kita berada untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang disekitar kita.

 

Referensi:

Kemenkes RI (2021). Frequently Asked Question Seputar Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/uploads/contents/others/FAQ_VAKSINASI_COVID__call_center.pdf. Diakses pada 04 April 2021.

Tim CNN Indonesia (2021). BPOM Sebut Efek Samping Vaksin Sinovac, Ringan sampai Sedang. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210111163320-255-592266/bpom-sebut-efek-samping-vaksin-sinovac-ringan-sampai-sedang. Diakses pada 04 April 2021.

Wahhab (2021). Mengetahui Manfaat Vaksin COVID-19 dan Kelompok Penerima Prioritasnya. https://dppkbpmd.bantulkab.go.id/mengetahui-manfaat-vaksin-covid-19-dan-kelompok-penerima-prioritasnya/. Diakses pada 04 April 2021.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *