ISMAFARSI

“Health for All” untuk Hari Kesehatan Dunia 2023

World Health Organization (WHO) telah memilih tema “Health for All” untuk Hari Kesehatan Dunia 2023 yang diperingati setiap tahun pada tanggal 7 April. Tema ini bertujuan untuk mempromosikan pemerataan kesehatan dan memastikan bahwa setiap orang, terlepas dari status sosial ekonomi mereka, memiliki akses ke layanan kesehatan yang berkualitas.

 

Visi WHO tentang “Kesehatan untuk Semua” berawal dari Deklarasi Alma Ata tahun 1978, yang menyerukan “kesehatan untuk semua pada tahun 2000” dan menekankan pentingnya perawatan kesehatan primer sebagai sarana untuk mencapai tujuan ini. Sementara kemajuan telah dicapai dalam meningkatkan akses dan hasil perawatan kesehatan di banyak bagian dunia, ketidaksetaraan tetap ada, dengan populasi yang terpinggirkan dan rentan sering menanggung beban akibat hasil kesehatan yang buruk.

 

Pandemi COVID-19 telah mengedepankan kebutuhan kritis akan kesetaraan kesehatan dan dampak buruk dari akses yang tidak merata ke layanan kesehatan terhadap individu, komunitas, dan seluruh masyarakat. Pandemi secara tidak proporsional telah mempengaruhi negara dan masyarakat berpenghasilan rendah, menyoroti kebutuhan mendesak akan tindakan global untuk mengatasi ketidaksetaraan kesehatan.

 

Tema “Kesehatan untuk Semua” untuk Hari Kesehatan Dunia 2023 bertujuan untuk menarik perhatian pada kebutuhan akan akses universal terhadap layanan kesehatan yang berkualitas, terlepas dari status sosial ekonomi, ras, etnis, jenis kelamin, atau faktor lainnya. WHO percaya bahwa mencapai pemerataan kesehatan memerlukan penanganan akar penyebab ketidaksetaraan, seperti kemiskinan, diskriminasi, dan distribusi sumber daya yang tidak merata.

 

Seruan WHO untuk “Kesehatan untuk Semua” bukan hanya keharusan moral tetapi juga investasi strategis di masa depan masyarakat. Akses ke layanan kesehatan sangat penting untuk mendorong pembangunan ekonomi, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan stabilitas sosial. Hal ini juga penting untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang mencakup memastikan kehidupan yang sehat dan mempromosikan kesejahteraan untuk semua orang di segala usia.

Selain itu, WHO turut menyampaikan makna utama dari tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All”  yakni : 

  • Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” adalah gambaran bahwa setiap orang memiliki memiliki kesehatan yang baik agar mencapai kehidupan dunia yang damai sejahtera dan berkelanjutan.
  • Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” mengingatkan kita bahwa hak atas kesehatan adalah hak asasi manusia. Semua orang memiliki akses ke pelayanan kesehatan yang kita butuhkan, kapan dan di mana saja tanpa kesulitan keuangan.
  • Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” menyadarkan kita bahwa 30 persen dari populasi dunia masih belum memiliki layanan akses layanan kesehatan yang penting.
  • Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” juga menyadarkan kita bahwa hampir 2 miliar orang menghadapi bencana atau memiskinkan pengeluaran kesehatan. Dengan ketidaksetaraan yang sangat signifikan mempengaruhi mereka berada di lingkungan yang paling rentan.
  • Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” mengajak kita untuk membuat kesehatan bagi semua menjadi kenyataan. Setiap individudan masyarakat yang memiliki akses ke pelayanan kesehatan berkualitas tinggi sehingga mereka dapat menjaga kesehatan mereka sendiri dan keluarga mereka.
  • Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” juga mengajak pekerja kesehatan terampil yang memberikan perawatan berkualitas dan berpusat pada orang, juga pembuat kebijakan yang berkomitmen untuk berinvestasi dalam cakupan kesehatan universal.
  • Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” juga mengajak cakupan kesehatan universal untuk menawarkan perlindungan finansial dan akses ke layanan penting yang berkualitas, mengangkat orang keluar dari kemiskinan, mempromosikan kesejahteraan keluarga dan masyarakat, melindungi terhadap krisis kesehatan masyarakat, dan menggerakkan kita menuju sehat bagi semua.
  • Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” menunjukkan bahwa sistem kesehatan yang didukung oleh pendekatan perawatan kesehatan primer adalah cara yang paling efektif dan hemat biaya untuk membawa layanan kesehatan dan kesejahteraan lebih dekat kepada orang-orang.
  • Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 “Health For All” adalah waktunya bagi para pemimpin agar mengambil tindakan untuk memenuhi komitmen cakupan kesehatan universal.

WHO telah menguraikan beberapa strategi untuk mencapai kesehatan untuk semua, termasuk memperkuat sistem perawatan kesehatan primer, berinvestasi dalam promosi kesehatan dan pencegahan penyakit, meningkatkan akses ke obat-obatan dan teknologi esensial, serta meningkatkan kapasitas dan distribusi tenaga kesehatan. Strategi ini memerlukan upaya kolaboratif dari pemerintah, organisasi masyarakat sipil, penyedia layanan kesehatan, dan individu untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki akses ke layanan kesehatan yang mereka butuhkan untuk hidup sehat dan produktif.

 

Kesimpulannya, tema “Kesehatan untuk Semua” untuk Hari Kesehatan Dunia 2023 adalah pengingat penting akan kebutuhan mendesak untuk mengatasi kesenjangan kesehatan dan memastikan akses universal ke layanan kesehatan yang berkualitas. Mencapai kesehatan untuk semua bukan hanya keharusan moral tetapi juga investasi strategis di masa depan masyarakat. Dengan bekerja sama, kita dapat membangun dunia yang lebih sehat dan adil bagi semua orang.

sumber :

  • https://www.who.int/indonesia/news/events/hari-kesehatan-sedunia-2023
  • https://dinkes.kulonprogokab.go.id/detil/972/selamat-hari-kesehatan-sedunia-ke-75-tahun-2023#:~:text=Hari%20Kesehatan%20Sedunia%20atau%20World,diperingati%20setiap%20tanggal%207%20April. 
  • https://upk.kemkes.go.id/new/hari-kesehatan-sedunia-2023 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *